Lembaga Kursus / Sekolah Profesional DJ & Remixer | BOGOR: 081294941377 - JAKARTA: 085219791999

Tutorial Cepat Belajar Menjadi DJ


Tutorial Cepat Belajar Menjadi DJ (Disc Jockey)





Menjadi seorang DJ saat ini adalah hobi atau pekerjaan yang sangat diminati oleh banyak orang. Untuk belajar menjadi seorang DJ memang sangatlah tidak mudah, terlebih kita pun harus memiliki perlatan DJ sendiri. Tapi kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial cepat belajar menjadi DJ, yuk baca tips nya dibawah ini:

1.     Belajar Beat / Beat Struktur

Pertama kamu harus belajar Beat dan Bar terlebih dahulu. Apa itu Beat dan Bar?
A.    BeatBeat atau Irama adalah ketukan, seperti 1-2-3-4, yang biasa kita hitung ketika memainkan atau mendengar sebuah lagu. Beat membagi sebuah frasa menjadi bagian-bagian yang seragam, dimana satu beat nantinya bisa dibagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil bila dibutuhkan.
Contoh: dalam birama 4/4, satu beat sama dengan satu ketukan, sehingga satu bar birama berisi 4 beat.

B.     Bar. Bar adalah frase musik dalam lagu, yang terdiri dari beberapa beat. Satu bar pada lagu yang BPM 128 disini saya biasa hitung memiliki 8 beat/ketukan dalam 1 bar. Sedangkan yang BPM 100 kebawah saya biasa hitung memiliki 4 beat/ketukan dalam 1 bar.
(NB: BPM adalah Beats Per Minute)

2.     Mengenal Peralatan DJ

Sebagai DJ sangat penting mengenal banyak peralatan DJ yang dibutuhkan saat bermain DJ. Apa saja sih peralatan DJ yang harus disiapkan?
A.    Turntable. Turntable adalah alat yang dapat memutar piringan hitam dan alat ini sangat popular sejak pertama kali munculnya istilah Disc Jockey yang pada awalnya adalah seorang penyiar radio. Dewasa ini turntable sering digunakan oleh para DJ atau Turntablist untuk melakukan Scratching & Beat Juggling.

B.     CDJ.CDJ adalah CD Player khusus untuk DJ, yaitu alat ini bisa dibilang sebagai pengganti Turntable untuk alat media pemutar lagu. Seiring cepatnya kemajuan teknologi CDJ diciptakan untuk efisiensi agar DJ lebih simple dalam mempersiapkan playlist lagu dalam bentuk CD atau USB Flashdisk.

C.     Mixer / DJM. Mixer DJ atau DJM adalah alat untuk input CDJ/Turntable untuk mengatur volume suara dari setiap channel. Untuk CDJ inputnya Digital/line, sedangkan Turntable inputnya Phono. DJM ini memiliki banyak tombol dan fitur seperti Volume, Headphone Monitor, Crossfader, Equalizer, Fx, dan Mic.

D.    Headphone. Headphone sangat penting digunakan para DJ untuk memonitoring dalam mempersiapkan lagu.

3. Tugas Seorang DJ

A.    Mempersiapkan lagu populer dan genre yang sesuai dengan konsep dalam sebuah acara.
B.     Membuat crowd merasa senang dan puas dalam aksi kita saat bermain DJ.
C.     Memiliki attitude yang sangat baik dan profesional dalam melakukan pekerjaan.

Nah itu tadi sedikit tutorial cepat belajar menjadi DJ. Semoga tips ini sangat bermanfaat untuk kalian yang sedang belajar menjadi seorang DJ.